welcome

selamat datang di Beranda Dipy

foto-slide

Rabu, 10 Juni 2009

Obrolan (gak penting ) di suatu pagi

dipy:


Selasa pagi tanggal 10 maret 2009 pagi. Setelah libur 2 hari, ayah harus kembali beraktifitas. Sedangkan aku.......masih di-grounded....walaupun sudah agak diperlonggar. Aku masih selimutan sambil menonton TV ketika ayah sedang berganti pakaian setelah mandi. Kulirik dia sambil berfikir, kasihan sekali suamiku.......hampir seminggu ini....selama aku terkapar, dia mengurus dirinya sendiri. Maaf, ya Yah! Tak sengaja kulihat kuku jari tangannya. Ya ampun...............bersih
sih,tapi sudah kelihatan panjang. Aku bangikt dari tempat tidur.
“ eh....mau kemana....udah tiduran aja!”
” ambil gunting kuku! ”
” hehehe....emang bunda udah sehat? Kuat ngegunting kuku ayah?”
” kalo disuruh nyangkul....bunda gak kuat. Kalo Cuma motong kuku sih gak bikin nafas bund abis kali!”
Dia tertawa. Aku mulai menggunting kukunya. Sejak menikah, semua urusan ayah adalah urusanku, termasuk hal sepele seperti potong memotong kuku ini. Kalau aku lupa......ya siap-siap aja jadi kuku macan. Terbersit tiba-tiba dihatiku......gimana ya seandainya aku pergi duluan? Siapa yang akan memotong kuku ayah? Dia mana mau meni-pedi ke salon........sampe kiamat juga gak akan pernah kalee.
” Yah.....kalo bunda pergi, ntar cari istri harus yang lebih cekatan dari bunda ya. Tapi gak boleh lebih cantik or lebih pintar dari bunda. Cukup bunda aja yg cantik n pintar dimata ayah. Yang penting dia harus cekatan ngurus ayah!”
” Bunda gak boleh pergi duluan, ayah aja yang duluan”
” lah....kan bunda sarang penyakit gini,Yah?”
” tapi kan lahirnya duluan ayah, jadi pasti ayah duluan dong”
” gimana urusannya? Yang sakit kan bunda!”
” tapi yang tua kan ayah! Udah ah, bunda akan tetap disini nemenin ayah. Titik!”
Aku terdiam. Ya Allah........bisa gak aku minta ijin buat nemenin ayah terus? Please....,boleh yak?! Allah kan sayang ma aku!
Mengingat kondisiku, air mataku mulai merebak. Kami terdiam beberapa saat. Kutundukkan kepalaku agar ayah tidak melihat air mataku yang hampir jatuh.
” bund.....”
” ya ”, tetap sambil menundukkan kepala.
” liat ayah!”
” bunda kan lagi motong kuku. Nanti salah potong gimana?”
” Liat ayah! Sini liat ayah!”
Kukerjapkan mataku, mengusir air mata yg hampir menetes. Kutatap dia.
Dia merengkuh kepalaku.
“ jangan nangis. Bunda tau kan ayah gak tahan liat bunda nangis? Ayah sedih kalo bunda nangis. Ayo senyum.......”
Kukatupkan gerahamku untuk menahan rasa yg bergemuruh dalam dada.
” ayo sayang....ayah pengen liat bunda senyum. Kalo bunda sedih, ayah gak akan pergi!”
Ancaman pertama!
Kupaksakan untuk tersenyum, kupaksakan untuk tersenyum semanis mungkin.......daripada ayah gak kerja. Dia tersenyum.
” sorry ya, ntar sarapan sendiri aja. Minta temenin ma bibi. Makan yang banyak”
” iya!”
” sepiring!”
” enggak ah! Sekuatnya bunda aja.”
” sepiring!”
” ehmmmmmmmmmmm.....”
” makannya pelan-pelan aja, kan lama-lama juga abis. Awas, nanti ayah telepon bibi”
Ancaman kedua!
“ Mandi nanti aja nunggu bibi. Jangan maenan air, nanti masuk angin”
“ siap,bos”
“ ayah pergi, masuk kamar lagi ya. Jangan keluar, masih dingin”
“ oke!”
” kalo ayah pergi gak boleh bandel!”
” iya...iya...! boleh ke atas gak?” ( ruangan di atas adalah istanaku )
” boleh, tapi setelah mandi, setelah sarapan. Gak boleh sendiri, nanti ayah bilang ke bibi”
Wadaw........banyak banget sih peraturannya!
” gak boleh bandel! Janji?”
” janji!”
” nanti ayah cek ke bibi”
Ancaman ketiga!
Wejangan seperti ini adalah ritual rutin setiap ayah akan pergi. Sampai hafal.....ngelotok....saking seringnya! Kadang-kadang bete juga, tapi setelah dipikir lagi...mungkin itu saking sayangnya ayah padaku. Ehm......GR MODE : ON !
Aduh.............aku sedih.........gimana kalau tiba-tiba aku harus pergi meninggalkannya. Aduh..........dadaku kembali sesak. Kutahan sampai ayah pergi. Setelah tak kudengar dan kulihat lagi.....aku lari masuk kamar. Rumah sepi.......saatnya menumpahkan semua perasaan yg dari tadi kutahan. Air mataku mulai menetes.

Ku ambil hp. Kukirim sebuah sms pada seseorang.
= pagi. Ada dimana? Udh di kantor? Tadi......blablabla....=
= masih di rumah, baru mau mandi...blablabla=
=mandinya buruan. Aku m tlp=
=tlp aja=
Ku pijit key untuk menelepon.
“ assalamualaikum....wr...wb!”
Aku tak bisa berkata apa-apa, hanya terdengar sedu sedanku.
” lah.............napa lagi?”
Aku masih terus menangis.
” cup...cup...cup....udah ah...”
Dan aku masih terus menangis. Kutumpahkan semua yg mengganjal di hati. Secara ....aku menahan tangis dari satu hari sebelumnya. Setelah agak tenang....kuceritakan lagi percakapanku dengan ayah.
”halah......ini nenek-nenek ma kakek-kakek pada ngobrolin apaan sih? Gak penting banget tau! Ngapain ngomongin yang beginian?”
” emang gak boleh?”
” GAK BOLEH!”
” gw kan jaga-jaga siapa tau besok gw pergi!”
” gak penting. Itu omongan gak nyekolah! Udh gw gak mau denger!”
„tapi kan...“
„ enggak...enggak...enggak....!tetep salah! Lagian ngapain pagi-pagi udah nangis“
„ tapi kan gw sedih....gw pengen nangis dari kemaren“
„ gak boleh nangis ......“
Lah.......udah ketularan ayah.
„ udahan dulu. Gw mau mandi“
„ makan yang banyak, minum obat, istirahat“
„ iya. Bibi lagi bikin nasi goreng“
„ jangaaaaaaaaannnnnn.............itu minyak! Gak boleh...gak boleh“
Kuakhiri pembicaraan tanpa mengucapkan salam. Kenapa ya makin banyak orang yang ketularan ayah? Nangis gak boleh.....makan nasi goreng gak boleh....dan sejuta gak boleh lainnya. Ya Allah...........kenapa satpamnya jadi bertambah?
Arrrrrrrrrgggggggghhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

terserah deh, yang penting aku bisa nangis sepuasnya, rasanya agak lega bisa menumpahkan hal yg selama ini tidak bisa sembarangan kulakukan. Lumayan, gak perlu nunggu hari sabtu.....pas acara termehek-mehek.......hehehe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar