welcome

selamat datang di Beranda Dipy

foto-slide

Senin, 11 Mei 2009

Bilirubin


dipy:


kemarin siang.........ketika bangun tidur.........tanpa sengaja aku melirik ke cermin. What? OMG........................itu makhluk apa? kudekati cermin untuk memperjelas penglihatanku..................iya ah bener. Kudekatkan wajahku ke cermin.......kuteliti bola mataku......pipiku...... Kuangkat tanganku.......kuperhatikan dengan seksama. Kuangkat kakiku.......kulihat betisku........hah?!? .....apaan nih? kalau kuning langsat seperti warna kulit para putri keraton sih aku juga mau.........tapi ini........halah!!!
Makhluk kuning dari mana nih,pikirku? Kurebahkan kembali tubuhku ke tempat tidur......sambil berpikir.......ayo berpikir....berpikir......berpikir........ Aku g habis minum minuman berwarna kuning...... Aku g habis makan makanan yg berwarna kuning...... tapi memang aku sedang memakai t-shirt + legging kuning.......tapi g ada hubungannya ah.
Apa ya? Ya ampyun........jangan-jangan..........
Kuraih hp, ku pilih sebuah nama......
" Ass.wr.wb.........Rief, kok badan ceu kuning gini sih?"
" hah? sejak kapan? lemes g? gimana pipismu?" , kudengar rentetan pertanyaan dari adiku.
" ........2 hari ini sih persis air teh........", jawabku.
"......kayaknya bilirubinnya naik. Minum curcuma dosis dobel ya. Istirahat. Besok cek lab. Besok dijemur juga. .........jangn lupa minum manis..........bla...bla....bla....bla......"

Dan hari ini, sambil menunggu petugas lab sahabatku datang untuk mengambil darah dan sampel urin........aku berdiri di halaman sambil memperhatikan anak-anak yg sedang belajar. Ayah menghampiri.
" mau berjemur diatas g?"
" trus ini makhluk-makhluk dalam botol gimana?", tanyaku sambil menunjuk anak-anak yg sedang mengerjakan tugas. Hahahaha......makhluk dalam botol......itu istilah kami untuk anak-anak kelas 2 SD. Mereka selalu bergerak dan tertawa......persis seperti ikan-ikan kecil dalam akuarium. Kalau kubilang makhluk dalam akuarium ....... terlalu lebay......karena mereka hanya ber-6......jadi kubilang makhluk-makhluk dalam botol.
" iya ya. tapi kan kalo berjemurnya di atas, bunda bisa pake tank-top n celana pendek......jadi yg bisa kena sinar matahari lebih banyak.....", kata ayah.
Ayah mengambil tanganku dan memperhatikan telapak tanganku........terlihat bulatan-bulatan kecil berwarna merah dan putih membayang dibalik kulitku.
".........setengah jam aja ya berjemurnya........jangan lama-lama......ntar malah pusing. Sendiri g apa-apa kan? Ayah mau mandi dulu"
" iya gpp.......", jawabku.
Sinar matahari yg hangat yg menerpa wajahku lama-lama membuat ku pusing.......halah.......selalu begini. Aku lebih tahan kehujanan daripada kena sinar matahari seperti ini. Entah sudah berapa ratus kali aku pingsan hanya gara-gara terlalu lama terkena sinar matahari. Tapi belum setengah jam nih.......

" Bund.............ngapain sih berdiri aja disitu?", tanya Febby....salah satu teman kecilku.
" berjemur, sayang.........kan sinar matahari bagus buat tulang kita", jawabku.
"....wah kayak adik bayi......", timpal Davi.
" hahahaha.......iya.....bunda kayak adik bayi.....", kata Jody.
" sini!", kataku.
Teman-teman kecilku menghambur ke arahku.
" Ayo temani bunda berjemur......"
" boleh sambil loncat-loncat?"
" boleh.......ayo kita loncat-loncat.....!"
Sedetik kemudian........terjadi kehebohan kecil. Aku dan 6 piyik-piyik ini mulai melompat-lompat sambil tertawa.
Tiba-tiba ada tangan yang memelukku dari belakang.
" Sayang,.......jadwalmu cuma berjemur........gak pake loncat-loncat gn.......ntar malah cape....", kudengar suara ayah, " udah......selesai......ayo anak-anak.....masuk kelas lagi!"
" yaaaaaaaaaaaaaa................ayah maaaaaahhhhhhh..........", protes anak-anak, tapi mereka kembali ke kelas.

Sekarang............................setelah ayah pergi.............setelah anak-anak pulang.........setelah Kang Andy....petugas lab....mengambil darahku........aku terkapar dengan kepala setengah berputar. Apa lagi yang akan terjadi padaku? Entahlah........

Apa sih bilirubin itu?
Bilirubin adalah pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin (Hb) di dalam hati (liver). Bilirubin dikeluarkan melalui empedu dan dibuang melalui feses.
Bilirubin dalam darah terdiri dari 2 bentuk, yaitu bilirubin direk dan bilirubin indirek.
Bilirubin direk larut dalam air dan dapat dikeluarkan melalui urin. Sedangkan bilirubin indirek tidak larut dalam air dan terikat pada albumin. Bilirubin total merupakan penjumlahan bilirubin direk dan indirek.
Adanya peningkatan kadar bilirubin direk menunjukkan adanya penyakit pada hati (liver) atau saluran empedu.
Hiperbilirubin atau kelebihan bilirubin dapat menyebabkan jaringan kulit dan mata menjadi kuning, juga menyebabkan urin menjadi kecoklatan.

wah......ternyata ini biang keladi yg menyebabkan aku berubah menjadi makhluk berwarna kuning.
Ternyata sinar matahari pagi memiliki spektrum sinar biru yang bermanfaat untuk mengurangi kadar bilirubin dalam darah. Berarti aku bakalan tiap hari diwajibkan untuk berjemur nih. Hehehehe..........kayak adik bayi!
Aku juga harus minum minuman yg tinggi glukosa. Padahal....sumpah.....aku paling benci semua hal yg berasa manis!! Tapi.........tadi sudah tersedia segelas sirup cap patung rasa raspberry ( Andrie.......thx ya kiriman syrupnya!!!) di meja. Kutambahkan air perasan jeruk nipis untuk menyamarkan rasa manis.

sekarang aku cuma bisa menanti.......apa lagi yg akan terjadi selanjutnya......... apa aku akan tetap menjadi makhluk kuning tidak jelas seperti ini terus........atau aku akan kembali seperti semula........
Ya Allah........, aku hanya meminta yang terbaik menurut-Mu!!



1 komentar:

  1. berdoa dan berusaha, coba minum daun sukun yang telah tua dipohon, tambahkan daun sirsak.

    BalasHapus